Tuesday, November 14, 2017

ASPEK PEMASARAN

ASPEK PEMASARAN

1.1 Definisi Pemasaran
          merupakan salah satu dari kegiatan-kagiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang di produksi dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika mengingginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang baik terhadap perusahaan.
1.2 Spesifikasi Produk/jasa
          Produk adalah setiap sesuatu yang berbentuk barang maupun jasa yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kepuasan dan kebutuhan konsumen. Kepuasan suatu produk dalam pemasaran mencakup bentuk penawaran secara fisik misalnya, merknya, kemasan, garansi, servis, dan hal sebagainya. Pengembangan produk seperti harga, distribusi, dan promosi dapat dilakukan setelah suatu perusahaan mengetahui keperluan dan keinginan konsumen atau pasarnya. Produk yang ditawarkan kepada pasar juga harus memenuhi permintaan pasar seperti kualitas dan kuantitasnya.


1.3 Segmentasi Pasar

          Adalah kelompok pembeli yang mimiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik ataupun perilaku yang berbeda didalam suatu pasar tertentu. Segmentasi pasar bisa juga diartikan sebagai pengidentifikasian analisis perbedaan para pembeli dipasar. 

          Segmentasi pasar dapat dimaksud sebagaipembagian pasar yang berbeda-beda(heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut. Ada beberapa segmentasi yang efektif, yaitu :

- Dapat diukur (measurable)
Ukukran, daya beli, dan profil pasar harus dapat diukur dengan tingkat tertentu.
- Dapat dijangkau (accessible)
Segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efentif.
- ukup besar (substantial)
Segmentasi pasar cukup besar atau cukup memberi laba yang dapat dilayani.
- Dapat dibedakan (differentiable)
Differentiable berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
- Dapat dilaksanakan (actionable)
Actionable berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

1.4 Analisa Situasi pasar
          Untuk melempar produk ke pasaran, perusahaan wajib menganalisa situasi pasar, dimana perusahaan harus mencari tahu kebutuhan konsumesn sehingga produksi yang di lakukan oleh perusahaan memenuhi kuantitas dari permintaan sehingga memperoleh keuntungan yang maksimal. Analisa pasar dilakukan dengan melihat produk yang sejenis sejauh mana di minati konsumen, dan lalukan penganalisaan terhadap kekurangan produk tersebut dan memperbaikinya untuk memenuhi kebutuhan permintaan pasar akan produk yang diproduksi. Pertimbangan penentuan harga produk juga dianalisa pada aspek ini, sebab perusahaan harus mengetahui dan merencanakan target produk untuk kalangan tingkat menengah kebawah atau menengah ke atas, tidak mungkin jika sebuah restoran bintang 5 dengan harga makanan yang sangat mahal dibuka pada lingkungan kecil menengahkan? atau mempromosikan sebuah produk mobil laborginin di perkampungan? Itulah pentingnya analisa pasar harus dilakukan.
1.5 Analisa Persaingan 
          Persaingan antar merk dapat terjadi pada semua struktur pasar produk. Biasanya perusahaan tidak bersaing langsung dengan semua perusahaan dalam industri. Karenanya harus dilakukan identifikasi perusahaan mana yang merupakan pesaing utama.

          Pengevaluasian strategi, kekuatan, kelemahan dan rencana para pesaing juga merupakan aspek kunci analisa situasi. Evaluasi ini penting untuk identifikasi pesaing yang sudah ada dan potensial. Hanya beberapa perusahaan dalam industrinya yang menyimpulkan para pesaing utama. Cravens (2000) menyatakan bahwa analisa pesaing meliputi pendefenisian arena persaingan, penganalisisan group strategis, pengambaran dan pengevaluasian tiap pesaing utama. Analisis tersebut harus menunjukan kekuatan dan kelemahan pesaing.
1.6 Strategi Promosi
          Promosi merupakan kegiatan marketing yang terakhir atau fix. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama pentingnya seperti kegiatan diatas. Tanpa promosi jangan diharapkan pelanggan dapat mengenal produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Promosi merupakan pengenalan suatu produk atau informasi suatu produk yang ditawarkan kepada pasar dan promosi juga bertujuan untuk menarik konsumen membeli suatu produk yang ditawarkan. Paling tidak ada empat macam sarana promosi yang dapat digunakan oleh setiap prusahaan dalam mempromosikan produk maupun jasanya. Yaitu :

1. Periklanan
2. Promosi penjualan.
3. Publisitas
4. Penjualan pribadi.

          Iklan adalah sarana promosi yang digunakan oleh pengusaha guna menginformasikan, menarik, dan mempengaruhi calon konsumennya. 

          Disamping promosi lewat iklan, promosi lainnya dapat dilakukan melalui promosi penjualan atau sales promotion. Tujuan promosi penjualan adalah untuk meningkatkan penjualan atau untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

          Promosi yang ketiga adalah publisitas. Publisitas merupakan kegiatan promosi untuk memancing nasabah melalui kegiatan seperti pameran, bakti sosial serta kegiatan lainnya. 

          Kegiatan promosi yang keempat adalah penjualan pribadi atau personal selling. Dalam dunia bisnis penjualan pribadi secara umum dilakukan oleh salesman atau salesgirl.
1.7 Strategi Promosi Berbasis TI
          Langkah-langkah yang dilakukan untuk memasarkan suatu produk tentu dengan cara mempromosikan barang atau jasa. Nah di era digital ini promosi berbasi TI sangat diperlukan karena pada saat ini hampir semua masyarakat menggunakan smartphone yang terhubung ke internet untuk melakukan aktivitasnya. Maka sebuah perusahaan perlu menagambil strategi promosi berbasis TI untuk mempromosikan suatu produknya, dengan cara yaitu :


a. Membuat website atau toko online
Memiliki website sudah tidak bisa dihindari lagi di jaman yang penuh teknologi seperti sekarang ini. Dengan adanya website, membuat peluang usaha bisa menjadi lebih terbuka karena jualan online anda akan semakin dikenal banyak orang dengan mudah. Website membantu usaha anda dapat diketahui, karena informasi mengenai usaha, produk atau jasa yang anda jual bisa dibaca dan dimengerti dengan mudah.

b. Social media
Dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara global yang mempengaruhi cara pelaku usaha dalam berkomunikasi. Sosial media merupakan salah satu alat komunikasi dan salah satu strategi promosi produk yang perlu anda miliki untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan penjual agar terjalin dengan mudah, cepat, dan efisien. Contoh penggunaan social media saat ini adalah Instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya.

c. Video online

          Akhir-akhir ini, membuat produk dalam tampilan visual menjadi model baru dalam strategi langkah-langkah promosi peluang usaha. Video dapat menamplkan produk yang sedang anda tawarkan kepada konsumen. Dengan video, produk dapat ditampilkan secara mendetil dari berbagai sisi. Selain itu, fitur suara dapat menambah informasi yang detil mengenai spesifikasi dari produk tersebut.






PENUTUP

2.1 Komentar

          Alasan utama sebuah kegiatan promosi adalah untuk membuat produk yang Anda pasarkan menjadi semakin dikenal di kalangan masyarakat luas. Hal inilah yang wajib untuk Anda perhatikan dan menjadikan kegiatan promosi menjadi sangat penting untuk dilakukan agar produk yang Anda pasarkan kian dikenal di kalangan masyarakat luas. Akan semakin baik ketika Anda menggunakan strategi promosi yang kreatif dan berbeda dengan cara promosi pada umumnya. Banyaknya media promosi yang tersedia sekarang juga membuat Anda sebagai seorang wirausahawan memiliki banyak pilihan untuk melakukan promosi.
Setelah produk Anda semakin dikenal di kalangan masyarakat luas, peningkatan hasil penjualan juga menjadi salah satu tujuan melakukan kegiatan promosi. Promosi tersebut akan membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk Anda. Peningkatan penjualan tersebut menjadi tujuan utama yang akan dicapai dari sebuah promosi yang dilakukan. Semakin tinggi kualitas promosi yang dilakukan, juga bisa dipastikan bahwa konsumen Anda pun akan kian tertarik untuk membeli produk yang Anda hasilkan. Apabila Anda sedang menjual sebuah produk, maka sangat disarankan untuk melakukan promosi dengan tepat dan menarik untuk para konsumen.  Promosi akan semakin tampak penting seiring berjalannya waktu dan usaha Anda.








No comments:

Post a Comment